Senin, 04 Mei 2009

Semangat adalah Donatur Lsm Tajuk


LSM TAJUK ACEH TENGAH
ADAKAN KEGIATAN REBOISASI LAHAN NEGARA YANG TERBAKAR
DI GUNUNG BIRAH PANYANG TOWEREN DENGAN SWADAYA MURNI

Hari minggu tanggal 11 Mei 2008, sebanyak 15 orang anggota dan pengurus LSM Tajuk Aceh Tengah mengadakan kegiatan Penghijauan Lahan Negara (bagian selatan gunung Birah Panyang dekat SMP) yang terbakar pada tanggal 12 April lalu yang berada di Kampung Toweren Kecamatan Lut Tawar Kabupaten Aceh Tengah. Kegiatan ini dilakukan secara swadaya murni mulai dari pengadaan bibit tanaman sampai kepada anggaran kegiatan dikumpulkan secara swadaya dari para anggota LSM Tajuk tanpa dukungan pihak lain.

Jenis tanaman yang ditanam di lokasi ini terdiri dari beberapa jenis, seperti damar, nangka, alpokat yang seluruhnya berjumlah 400 batang, disamping itu dilokasi lahan yang sulit untuk dibuat lubang tanam para anggota LSM Tajuk juga menaburi benih bibit petai gajah yang berjumlah 1 kilo gram, ada beberapa alasan kenapa bibit petai gajah yang ditanam di lokasi ini, yang pertama pengadaan bibit tidak terlalu sulit, kedua petai gajah ini mudah tumbuh, dan ketiga struktur akar dari petai gajah ini sangat kuat yang kelak diharapkan mampu menjadi perekat bebatuan yang ada di lokasi gunung Birah panyang ini.

“Sementara pemilihan nangka dan alpokat sebagai tanaman dengan tujuan, kelak apabila nangka ini tumbuh besar dan berbuah dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar, sehingga diharapkan pohon-pohon tersebut dapat berfungsi sebagai penahan ekosistem alam juga buahnya dapat dimanfaatkan masyarakat umum untuk dikonsumsi”, (AHMAD YANI, Ketua LSM TAJUK).

“Program yang kami adakan ini bukan hanya sampai disini, tetapi untuk kedepannya setiap batang yang kami tanam telah kami rencanakan penjagaan dan perawatannya, setiap dua bulan anggota kami akan membersihkan tanaman-tanaman tersebut dari gulma sekaligus melakukan pemupukan guna mempercepat proses pertumbuhan”, (Isranuddin Harun Sekretaris LSM TAJUK)”.

Untuk kegiatan yang akan datang kami telah bertekad dengan suluruh anggota LSM akan mengadakan penghijauan di lahan-lahan negara yang berada di daerah Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah. Seperti awal pendirian lembaga kami, bahwa kami sangat peduli terhadap kondisi alam gayo saat ini, juga kondisi danau Laut Tawar yang merupakan pusaka ni muyang datu, debit airnya dari hari-hari semakin berkurang, ini disebabkan minimnya perhatian kita semua terhadap kelestarian hutan di sekitarnya. Kami sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak yang terkait dalam bidang ini seperti Bupati, Gubernur, dan juga dukungan do’a dari seluruh masyarakat gayo pada umumnya, agar kami selalu diberi kekuatan dalam menjalankan misi-misi sosial kami di bidang lingkungan hidup. Salam Lestari...

Tidak ada komentar: